INFRASTUKTUR

trans-papua_20170210_141007Pembangunan Infrastruktur di Indonesia di tangan presiden Jokowi memang luar biasa. Pembangunan jalan tol, pembangunan jalur kereta cepat, pembangunan pelabuhan, pembangunan bandara, pembangunan jaringan air bersih, pembangunan jaringan irigasi, dan pembangunan-pembangunan lainnya. Terus terang pembangunan gila-gilaan seperti ini belum pernah saya lihat pada pemerintahan-pemerintahan sebelum Jokowi.

Salah satu hal yang membuat saya kagum dengan pembangunan di Indonesia saat ini adalah meratanya pembangunan antara Indonesia Timur dan Indonesia Barat. Hal yang selama ini menjadi polemik di negara kita. Saya bukan mau terlalu mendewakan pemerintahan yang sekarang, namun selagi kita masih waras, kita memang harus mengangkat topi dengan pembangunan Infrastruktur di daerah timur yang dilakukan pemerintah sekarang

Pembangunan Jalur Trans Papua

Pembangunan jalur Trans Papua yang banyak membuat orang kaget adalah salah satu bukti bahwa pembangunan saat ini sudah mulai merata. Papua yang dulunya hampir tidak pernah dilirik oleh pemerintah pusat (selain freeportnya), kini benar-benar sedang dibangun. Meskipun belum semua jalannya diaspal, namun sebagian besar dari jalan tersebut sudah bisa dilalui (baca: Alasan Jalan Trans Papua Barat Belum Aspal 100%).

Selain pembangunan jalan trans papua, pemerintah juga berencana membangun Infrastruktur lainnya seperti jalur kereta Trans Papua. Pembangunan jalur kereta trans papua ini sepertinya tidak main-main, untuk fase pertama saja akan dibangun jalur

kereta sepanjang 360 kilo meter. Rencananya, pembangunan jalur trans papua ini akan dimulai pada Tahun 2018.

Pemilihan lokasinya juga boleh bisa dikatakan cukup tepat sasaran, dimana pemerintah membangun jalur tersebut pada jalur-jalur yang memang padat arus logistiknya. Pembangunan fase pertama rel yakni ruas Manokwari hingga Sorong, dimana jalur tersebut (menurut Ketua Asosiasi Logistik Indonesia) merupakan arus logistik yang cukup padat.

Kedua daerah tersebut (Manokwari dan Sorong) memang memiliki sumber daya alam yang cukup baik. Produksi dalam perikanan, raw material, hasil hutan dan perkebunan cukup baik pada kedua daerah tersebut. Ditambah lagi, sorong memiliki pelabuhan yang cukup baik untuk bisa mengirim barang ke luar negeri atau pun ke daerah-daerah lain di Indonesia (baca: Jokowi Bangun Kereta Trans Papua, Ini Manfaatnya).

Pembangunan Pelabuhan

Lalu ada pula pembangunan pelabuhan di beberapa wilayah timur. Melihat pembangunan-pembangunan pelabuhan di Indonesia yang ada saat ini saya jadi bertanya-tanya pemerintah yang kemarin itu kemana aja dan ngapain aja. Mungkin untuk beberapa negara-negara yang sebagian besar wilayahnya berada dalam satu daratan, pelabuhan mungkin tidak terlalu diperlukan.

Tapi, untuk negara kita yang terdiri dari sekitar 17.500 pulau, pelabuhan adalah HAL yang MUTLAK harus dibangun. Bahkan menurut saya, pelabuhan di negara kita ini seharusnya mendapatkan porsi prioritas yang lebih besar ketimbang pembangunan jalur-jalur darat. Pembangunan kita akan sangat sulit bisa merata selama pembangunan transportasi laut kita belum maksimal.

Pembangunan Jaringan Listrik

Tekad pemerintah dalam membangun Infrastruktur Jaringan Listrik di Indonesia Timur juga patut mendapatkan apresisasi. Infrastruktur listrik merupakan salah satu infrastruktur yang tidak kalah pentingnya dengan Infrastruktur lainnya. Saking pentingnya, kondisi infrastruktur listrik sering kali dijadikan patokan apakah daerah tersebut tertinggal atau tidak. Secara logika, sudah barang tentu, investor akan berpikir seribu kali untuk menginvest dananya di daerah-daerah yang jaringan listriknya buruk.

Mungkin untuk daerah perkotaan, terutama untuk daerah Jawa, Sumatera, dan Bali, boleh dikatakan infrastruktur jaringan listriknya sudah memadai, sehingga tidak terlalu merasa membutuhkan pembangunan infrastruktur listrik. Namun, untuk kota-kota dan pelosok-pelosok di bagian Indonesia Timur sana, jaringan listrik masih sangat buruk, sehingga akan terasa sekali efek dari pembangunan Infrastruktur listrik.

Tidak usah sampai bicara daerah pelosok, daerah perkotaan di Indonesia timur saja masih sering terjadi pemadaman bergilir listrik setiap harinya akibat ketidak mampuan daya. Agar tidak dikira mengada-ngada, berikut ini, saya akan melampirkan gambaran bagaimana kondisi jaringan listrik yang terdapat di Indonesia Timur yang ada saat ini, berdasarkan Informasi yang tertera di beberapa media elektronik.

Saya yakin masih banyak lagi sebenarnya daerah yang senasib dengan kasus-kasus di atas, namun dengan informasi di atas secara garis besar, saya rasa sudah cukup menggambarkan bagaimana kondisi jaringan listrik yang ada di Indonesia Timur.

Perlu digaris bawahi, apa yang saya list di atas itu semua nya adalah permasalah-pemasalahan jaringan listrik di daerah IBU KOTA provinisi. Bisa dibayangkan bukan bagaimana kondisi listrik untuk daerah pelosoknya, jika ibu kota provinsinya saja kondisinya seperti itu.

Efek Negatif Sementara

Memang ada beberapa efek negatif dari pembangunan ini yang bakal kita rasakan SEMENTARA. Namun kita tidak perlu khawatir karena negara kita kaya akan sumber daya alam. Investor akan sangat tertarik dengan Indonesia ketika pembangunan jaringan Infrastrukturnya membaik. Selama pembangunan tersebut dihitung secara ilmiah, diperhitungkan matang-matang dan tepat sasaran, saya yakin hasilnya akan luar biasa di masa depan.

Kita semua ingat dulu bagaimana Qatar, UEA yang dulunya adalah negara penghasil minyak yang miskin. Namun ketika mereka berani membangun Infrastruktur yang besar-besar, maka “boom!!”, mereka menjadi negara dengan ekonomi yang sangat kuat. Saya yakin sekali jika ini terus belanjut bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi seperti mereka.

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s